Sabtu, 14 Mei 2011

MILIARIA

7. Biang keringat ( miliaria )
a. Pengertian
Biang keringat adalah kelainan kulit yang sering muncul pada bayi dan baalita akibat tersumbatnya kelenjer keringat, sehinga keringat yang keluar berkumpul di bawah kulit dan mengakibatkan timbulnya bintik-bintik merah (Desiana, 2009; h. 97).
Biang keringat disebut juga keringat buntet timbul di daerah dahi, leher dan bagian tubuh yang tertutup pakaian, disertai gatal, kulit kemerahan dan gelembung berair keci.
Biang keringat adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh keluarnya keringat berlebihan disertai tersumbatnya saluran kelenjar keringat dan biasanya terjadi pada daera,dahi,leher,dada,dan pungung (Desiana, 2009; h. 97).
b. Definisi Biang Keringat
Menurut Maharani, Desiana (2009), Biang Keringat adalah suatu keadaan tertutupnya pori-pori keringgat menimbulkan retensi keringat di dalam kulit. Berdasarkan lokasi tersumbatnya, biang keringat dalam bebera tipe, yaitu:
1) Miliaria kristalina
Biang keringat yang terjadi pada bayi baru lahir (neonatus) sumbatan terjadi pada permukaan atau lapisan kulit sehingga terlihat gelembung-gelembung kecil berukuran 1-2 mm berisi cairan jernih, namun tidak terdapat kemerahan pada kulit,biang keringat ini yang paling umum yang sering terjadi. Gejalanya, pada kulit tubuh bayi yang sering keringatan akan tampak mengelupas, kering, dan kasat, gejala ini biasanya dipicu oleh panasnya udara. Biang keringat bayi seperti ini ditandai bintik-bintik kecil berisi air dan akan dan akan mudah pecah sendiri karena lokasinya masih teramat dangkal (Desiana, 2009; h. 97-98).
2) Miliaria rubra
Biang keringat ini terjadi pada anak yang biasa tinggal di daerah atau lingkungan panas dan lembab. Terdapat bintik-bintik kecil (1-2 mm) berwarna merah, biasanya disertai keluhan gatal dan perih. Bayi yang mengalami biyang keringat jenis ini akan menjadi rewel karena rasa gatal dan perih,orang tua biasanya akan cemas karena pola tidurnya akan terganggu hingga gelisah atau tidak nyenyak. Ini bisa dijadikabn indsikatorrasa gatal pada bayinya yang belum bisa bicara.tidak bisa menyebabkan panas karena biang keringat bukan penyakit infeksi. Orang tua hanya bisa melihat reaksi tubuh bayinya yang kegatalan. Apabila anda merawat bayi itu sendiri, maka biang keringat akan segera diketahui karena naluri seorang ibu barparan basar (Desiana, 2009; h.97-98).
3) Miliaria profunda
Pada biang keringat jenis ini terdapat bintik-bintik putih, keras dan berukuran (1-3 mm). Kulit tidak berwarna merah, namun kasus ini jarang terjadi,dan biasanya terjadi di daerah-daerah bersuhu sangat panas.walaupun indonasia termasuk negara tropis, namun biang keringat separti ini jarang terjadi. Mungkin faktor angin sangat mempengaruhi sehingga suhu di indonesia tidak terlalu panas. Lain halnya dengan negara lain yang bersuhu 40 derajat celsius. Biang keringat seperti ini ditandai bintil-bintil pada kulit dan bila diraba akan terasa agak keras. Bintil-bintil ini sekilas mirip jerawat batu (Desiana, 2009; h. 98-99).
c. Penyebab Biang Keringat
Menurut Assyari Abdullah (2008), Penyebab biang keringat yaitu :
1) Ventilasi ruangan kurang baik sehingga udara di dalam ruangan panas atau lembab.
2) Pakaian bayi terlalu tebal dan ketat, pakaian yang tebal dan ketat menyebabkan suhu tubuh bayi meningkat.
3) Bayi mengalami panas atau demam.
4) Bayi terlalu banyak beraktivitas sehingga banyak mengeluarkan keringat.
d. Faktor penyebab timbulnya keringat berlebihan yaitu :
1) Udara panas dan lembab dengan ventilasi udara yang kurang baik
2) Pakaian yang terlalu lembab dan ketat
3) Pakaian banyak memberikan pengaruh pada kulit, misalnya menimbulkan pergeseran, tekanan yang berpengaruh terhadap terjadinya peningkatan suhu tubuh.
4) Aktivitas yang berlebihan, misalnya berolahraga
5) Setelah menderita sakit panas
6) Penyebab lain berupa penyumbatan pori-pori yang berasal dari kelenjar keringat. Sumbatan ini dapat diakibatkan debu atau radang pada kulit anak. Butiran-butiran keringat yang terperangkap dibawah kulit akan mendesak ke permukaan kulit dan menimbulkan bintik-bintik kecil yang terasa gata. (Assyari Abdullah, 2008).
e. Pencegahan Biang Keringat
Menurut Maharani, Desiana (2009),cara pencegahan Biang Keringat terbagi atas 5 bagian,antara lain:
1) Bayi atau anak tetap dianjurkan mandi secara teratur paling sedikit 2 kali sehari menggunakan air dingin dan sabun.
2) Bila berkeringat, sesering mungkin dibasuh dengan menggunakan handuk (lap) basah, kemudian dikeringkan dengan handuk atau kain yang lembut. Setelah itu dapat diberikan bedak tabur.
3) Jangan sekali-kali memberikan bedak tanpa membasuh keringat terlebih dahulu, karena akan memperparah penyumbatan sehingga mempermudah terjadinya infeksi baik oleh jamur maupun bakteri.
4) Hindari penggunaan pakaian tebal, bahan nilon, atau wol yang tidak menyerap
5) Biang keringat bisa tidak dialami bayi asalkan orang tua rajin menghindari penghalang penguapan keringat yang menutup pori-pori bayi dengan cara:
a) Bayi harus dimandikan secara teratur pada pagi dan sore hari.
b) Setelah selesai mandi pastikan semua lipatan kulit bayi seperti ketiak, leher, paha dan lutut harus benar-benar kering kemudian oleskan bedak keseluruhan tubuh dengan tipis.
c) Jaga tubuh bayi agar tetap kering.
d) Jika bayi berkeringat jangan keringkan dengan menggunakan bedak. Sebaiknya dengan waslap basah, lalu dikeringkan, dan diolesi dengan bedak tipis.
e) Gunakan pakaian bayi dari bahan katun yang menyerap keringat bayi.
f) Biasanya 70% biang keringat timbul pada bayi karena sirkulasi udara kamar yang tidak baik. Untuk itu usahakan udara di dalam kamar bayi mengalir dengan baik sehingga kamar selalu sejuk.
g) Pada saat memandikan bayi yang menderita biang keringat, sebaiknya gunakan sabun bayi yang cair, sebab sabun cair tidak meninggalkan partikel. Jika menggunakan sabun padat bisa meninggalkan partikel yang dapat menghambat penyembuhan
h) Pengobatan
Sebenarnya pengobatan khusus tidak diperlukan, cukup pencegahan dan perawatan kulit yang benar. Bila biang keringat berupa gelembung kecil tidak disertai berupa gelembung kecil tidak disertai kemerahan, kering dan tanpa keluhan dapat diberi bedak setelah mandi. Bila kelainan kulit membasah tidak boleh ditaburkan bedak, karena akan terbentuk gumpalan yang memperparah sumbatan kelenjar sehingga menjadi tempat pertumbuhan kuman. Bila keluhan sangat gatal, luka dan lecet dapat diatasi dengan pemberian antibiotik (Karel, 2008; h. 30-36).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar